Kamis, 22 September 2016

6 Hewan Mitos Ini Asli Indonesia Punya!

6 Hewan Mitos Ini Asli Indonesia Punya!.

 

Ngomongin soal misteri, nggak lengkap rasanya kalo Loop nggak ngebahas soal mitos. Kalo mitos sih, udah biasa. Gimana kalo hewan-hewan mitos yang sering jadi bahan perbincangan masyarakat Indonesia? Kali ini Loop bakal ngobrolin tentang beberapa hewan mitos di indonesia yang katanya mitos terunik di indonesia dan juga tergolong mitos teraneh di indonesia.nah konon ceritanya mitos ini muncul di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Kira-kira, hewan-hewan apa aja sih yang jadi mitos di Indonesia? Daripada penasaran, mending langsung aja yuk kita simak yang satu ini.

Lembuswana


Hewan yang satu ini merupakan hewan mitologi rakyat Kutai. Kerajaan Kutai bahkan menjadikan hewan ini sebagai simbol kerajaan mereka. Lembuswana merupakan hewan berkepala singa, bersayap elang, berbelalai gajah, dan bersisik ikan. Menurut masyarakat sekitar Sungai Mahakam, Lembuswana tinggal di dasar Sungai Mahakam.

Orang Pendek


Entah ada beneran atau nggak, Orang Pendek telah dikenal sejak 100 tahun yang lalu oleh penduduk Pulau Sumatra. Banyak penelitian bahkan menyebutkan bahwa Orang Pendek merupakan seekor primata yang memiliki tinggi sekitar 80 sampai 150 cm. Namun, belum ada dokumentasi yang dapat membuktikan keberadaan hewan ini.

 

 

 

Babi Ngepet


Hewan yang satu ini tergolong hewan yang mistis. Hanya dengan menggosok-gosokkan punggung ke tembok rumah saja, hewan ini dapat mengambil seluruh uang yang ada di dalam rumah tersebut. Konon, babi ngepet adalah jelmaan manusia yang berubah menjadi babi ngepet demi mendapatkan uang secara cepat.Satu orang lagi harus menjaga api lilin yang berguna sebagai tanda bahaya. Apabila api tersebut goyang-goyang, itu tandanya sang jelmaan babi ngepet dalam bahaya. Untuk kembali ke bentuk semula, penjaga lilin harus meniup api lilin hingga mati.

Naga Besukih


Menurut penduduk Pula Bali, naga ini adalah seekor naga yang berukuran raksasa yang dapat mengeluarkan emas dan permata dari dalam sisiknya. Naga ini pula yang diceritakan dalam asal usul Selat Bali. Konon, Naga Besukih hanya bisa dipanggil menggunakan genta pemujaan milik Begawan Sidi Mantra.

Garuda


Garuda merupakan burung raksasa yang menjadi kendaraan Dewa Wisnu dalam ajaran Hindu. Garuda berbentuk burung seperti pada umumnya. Bedanya, tubuhnya berwarna emas, berwajah putih, bersayap merah, dengan paruh dan sayapnya mirip elang namun berbadan mirip manusia. Saking besarnya, tubuhnya dapat menghalangi matahari.


Orang Bati


Masyarakat Pulau Seram mungkin sangat familiar dengan nama ini. Hewan ini memiliki tubuh mirip manusia namun bersayap seperti kelelawar. Konon, hewan ini tinggal di Gunung Kairatu dan suka menculik anak-anak untuk dimakan.

Wah, kalo ada beneran, sedikit takut juga. Hmm, daripada berpikir yang nggak-nggak, mendingan kita berdoa kalo hewan-hewan tersebut nggak akan muncul dan melukai kita.





udah dulu ya semuanya ngobrolin tentang  mitos hewan di indonesia yang katanya mitos terunik di indonesia dan juga tergolong mitos teraneh di indonesia.by

Tidak ada komentar:

Posting Komentar